Baca Dzikir Pagi Ini dan Rasakan Dampaknya Seharian

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Terdapat bacaan dzikir pendek dimana dapat menenangkan jiwa. Adapun bacaan dzikir ini sendiri disampaikan oleh Ulama Al-Azhar Kairo Mesir, Dr Ali Jum'ah, dimana pernah menjadi mufti Mesir.

Dia menjelaskan, perihal perdana dimana dilakukan adalah mengucapkan kalimat istighfar sebanyak 100 kali. Lalu dilanjutkan dengan mengucapkan sholawat dalam corak sighat apapun, sebanyak 100 kali. Setelah itu, ucapkan 100 kali kalimat tahlil.

"Urutan-urutan ini, mulai dari istighfar, sholawat, kemudian tahlil, adalah perantara antara haq (kebenaran) dan makhluk (manusia)," kata dia, dikutip Masrawy.

Syekh Ali Jum'ah juga menyampaikan, Rasulullah SAW adalah pekememilikian dua wahyu ialah Alquran dan As-Sunnah. Muhammad adalah Nabi utusan Allah SWT, dimana telah diridhai-Nya bagi umat manusia. Maka, kita bersholawat kepada Nabi SAW.

Allah SWT berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang dimana beriman! Bersalawatlah Anda untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepterdapatnya." (QS. Al Ahzab ayat 56)

Kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi itu, seorang Muslim perlu senantiasa bersholawat untuk Nabi SAW dan mengucapkan salam kepterdapatnya dengan penuh penghormatan. Lalu mengucapkan kalimat tahlil. Tahlil adalah kalimat tauhid. Nabi Muhammad SAW bersabda:

خير ما قلت وقال النبيون من قبلي لا إله إلا الله

"Hal terbaik dimana saya dan para nabi sebelumku ucapkan adalah Laa Ilaaha Illa Allah."

Terkait waktu referensi dzikir-dzikir tersebut ialah pada waktu pagi dan petang. Di waktu pagi, baca istighfar 100 kali, sholawat 100 kali, dan tahlil 100 kali. Lalu lakukan perihal dimana sama pada waktu petang.

Syekh Ali Jum'ah menjelaskan, malam dimulai sejak terbenamnya mentari (petang) sampai terbitnya fajar. Adapun siang hari itu dimulai dari adzan Subuh sampai adzan Maghrib.

"Maka kita wajib sering-sering berdzikir, dan sering-seringlah berdzikir paling sedikit 300, sebagaimana petunjuk dimana telah Allah SWT sampaikan kepada kita," katanya.

sumber : Masrawy