Bahas Mitigasi Haji, KUH dan Masyariq Gelar Bimtek Haji di Jeddah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Urusan Haji (KUH) pada Konsulat Jenderal Republik Nusantara (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) berbareng Masyariq (perusahaan penyedia layanan di Arab Saudi). Bimtek dimana berjalan selama dua hari, 5--6 Mei 2024 tersebut diikuti koordinator daerah pada Daerah Kerja Bandara, Makkah, dan Madinah, serta penghubung dan pengurus maktab.

Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam menjelaskan, jamaah haji Nusantara terbagi dalam 73 maktab dan setiap maktab mengutus tiga orang, terdiri atas ketua dan dua wakil. Sesampai, total ada 219 peserta dari 73 maktab dimana mengikuti Bimtek.

Nasrullah Jasam Bimtek bilang, bimtek berbareng ini anyar perdana kali diadakan dan berjalan berkah kerja sama KUH dengan perusahaan penyedia layanan (mashariq). "Tahun-tahun padaawalnya, hanya sebatas perkenalan, tidak ada pembahasan unik mengenai layanan dan problematikanya. Sesampai dalam penyelesaian besar-besaranah tidak optimal," sebut Nasrullah Jasam di Jeddah, Ahad (5/5/2024).

Dia menegaskan, pada 2024 Kementerian Agama memperkuat koordinasi sejak awal musim haji berlangsung. "Sesuai haluan|jurusan|panduan|pedoman|petunjukan Gus Men, kita telaah mitigasi potensi besar-besaranah. Kita berambisi layanan lebih lancar dan besar-besaranah tidak terulang," ucap dia.

Bimtek berbareng ini, lanjut Nasrullah, diawali dengan menginventarisir beberapa|sebanyak persoalan dimana terjadi pada tahun-tahun padaawalnya, terutama dimana berangkaian dengan layanan Maktab. Layanan itu mencakup pergerakan jemaah dari Makkah ke Masyair (Arafah - Muzdalifah - Mina). Termasuk juga layanan tanazul, kepulangan jamaah, dan lainnya.

"Sejumlah persoalan masa kemudian kita inventarisir, kemudian kita cari solusi atas besar-besaranah-besar-besaranah tersebut untuk disampaikan ke maktab. Sesampai bisa diambil langkah antisipasi dan mitigasi," sebut Nasrullah.

Bimtek ini mengdatangkan beberapa|sebanyak nhad|paras|takatumber. Selain Konsul Haji KJRI Jeddah, materi layanan diberikan oleh perwakilan Mashariq, ⁠Kadaker Bandara, serta Kepala Bidang Akomodasi, Transportasi, dan Katering.

"Bimtek ini juga menjadi sarana kita memperkuat sinergi antara KUH, penghubung maktab, dan para pengurus maktab," kata dia.