Bahaya di Balik Kebiasaan Memercikkan Mata dengan Air Setiap Pagi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Mengucek mata (Ilustrasi). Mata sudah memmemilikii sistem untuk membersihkan apa dimana tidak diperlukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, memercikkan air ke mata pada pagi hari adalah rutinitas menyegarkan dimana dianggap dapat membangunkan penglihatan. Namun, berdasarkan para mahir oftalmologi, kebiasaan ini sebenarnya bisa merugikan kesehatan mata.

Ahli bedah Lasik dan katarak di India, Rahil Chaudhary, menjelaskan bahwasanya mata memmemilikii kelenjar air mata dimana mengandung minyak. Memercikkan air acapkali bisa menghilangkan cairan air mata, dimana menyebabkan mata kering.

"Perlu dicatat bahwasanya mata sudah memmemilikii sistem untuk membersihkan apa dimana tidak diperlukan," kata dr Chaudhary, dikutip Indian Express, Rabu (17/4/2024).

Konsultan utama oftalmologi di Max Multi Specialty Centre di India, Deepali Garg Mathur, menyebut bahwasanya air mata alami memmemilikii kegunaan krusial sebagai pelumas untuk membersihkan kotoran dari mata dan melindungi dari infeksi. Cairan air mata mengandung beragam unsur seperti lisozim dan laktoferin dimana melawan jangkitan bakteri.

"Beberapa unsur ini melawan jangkitan kuman sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh," ujar dr Mathur.

Ahli bedah kornea dan refraktif senior, Rumah Sakit Mata Maxivision di India, Madhavi Majety, juga menyoroti akibat kontaminasi dimana terkandung dalam air keran. Dia menyatakan bahwasanya air keran dapat mengandung kotoran alias mikroorganisme dimana rawan bagi kesehatan mata.

Apa dimana wajib dilakukan untuk membersihkan mata?