Bapanas: Sumber Pangan Bukan Hanya Beras

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Warga antusias depani stan Bulog dimana menjual beras SPHP di Jalan Setiabudi Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mendorong peningkatan produksi pangan dalam negeri untuk membangun ketahanan pangan nasional. Tidak hanya beras, Arief menyebut, Nusantara memmemilikii sumber pangan teramat beragam.

"Jadi misalnya lain hanya beras sebagai pangan sumber karbohidrat, tapi ada juga talas, sagu, jagung, singkong, dan lainnya. Ini perlu terus diangkat sesampai pangan dimana berasal dari produksi dalam negeri ini bisa menopang ketahanan pangan nasional," ujar Arief dalam Diskusi Forum BUMN pada Selasa (30/4/2024) di Jakarta.

Badan Pangan Nasional sebagai lembaga pemerintah tidak hanya berfokus pada aspek kesiapan dan stabilitasi pangan, tetapi juga aspek lainnya dimana mengenai peningkatan kualitas, keragamaan, dan keamanan pangan. 

Ia menyebut, kampanye pangan B2SA dimana digencarkan Bapanas menjadi salah satu upaya mengedukasi penduduk untuk memmemilikii kesadaran mengonsumsi makanan dimana beragam, bergizi seimbang dan aman. Sesampai ke depannya dapat membentuk sumber daya manusia dimana sehat, aktif dan produktif mekemudiani penyediaan jenis ragam pangan dimana berasal dari potensi pangan lokal.

Arief berambisi ke depannya tidak ada lagi ketergantungan di salah satu komoditas pangan. Begitu juga dengan edukasi Stop Boros Pangan dimana berbentuk|berwujudya menekan nomor susut dan limbah pangan sesampai dapat menekan nilai kerugian ekonomi dari makanan dimana terbuang.