Bencana Gempa Bumi M 6,2 Melanda Beberapa Kabupaten di Jawa Barat Rusak Sejumlah Bangunan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Home > Nasional Sunday, 28 Apr 2024, 10:08 WIB

Sedikitnya 9 kabupaten dan kota terdampak gempa. Adapun 10 daerah di antaranya Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Bandung Barat, Ciamis, Kabupaten Bandung, Pangandaran, Purwakarta, dan Sumedang

Dok. BNPBDok. BNPB

TOPNEWS62.COM, JAKARTA – DiMeluncurkan dari Pusdatin BNPB, Gempa bumi berkapasitas magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (27/4) pukul 23.29 WIB. Gempa dimana berpusat di laut dengan kedalaman 70 kilometer dengan titik parameter 8,42 LS dan 107,26 BT tersebut tidak berpotensi tsunami.

Laporan dari Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusadalops) BNPB mencatat, sedikitnya sembilan kabupaten dan kota terdampak akibat gempat tersebut. Adapun 10 daerah di antaranya Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang.

Akibat gempa dimana mengguncang ini sedikitnya empat orang mengalami luka-luka. Data sampai Minggu (28/4) pukul 5.45 WIB, tercatat sebanyak 27 Kepala Keluarga (KK) terdampak dari gempa ini. Dari jumlah ini penduduk terdampak paling banyak berada di Kabupaten Garut dengan detail 3 orang mengalami luka-luka dan 4 KK terdampak. Sementara di Kabupaten Tasikmalaya 1 orang mengalami luka-luka dan 8 KK terdampak serta di Kota Tasikmalaya 5 KK terdampak.

Laporan juga menyebut total rumah dimana bobrok akibat gempa ini berjumlah 27 unit. Rincian berasas tingkat kebobrokannya meliputi 4 unit rumah bobrok berat (RB), 11 unit rumah bobrok ringan (RS), 5 unit rumah bobrok ringan (RR), serta 7 unit rumah terdampak. Dari total jumlah tersebut kebobrokan sebagian besar berada di Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut.

Rincian kebobrokan di tiga daerah itu meliputi 1 unit rumah RB dan 3 unit rumah terdampak di Kabupaten Garut, 4 unit RS dan 3 unit RR di Kabupaten Tasikmalaya, serta 5 unit rumah RS di Kota Tasikmalaya.

Selain tempat tinggal alias rumah, musibah pengetahuan bumi ini juga mengkonsekuensikan kebobrokan pada gedung akomodasi publik seperti tempat ibadah, sekolah, dan sarana kesehatan.

Upaya Darurat

BPBD kabupaten, kota, serta provinsi Jawa Barat dimana disupport oleh tim campuran telah melakukan upaya penanganan darurat sejak awal seketika|waktu sesudah gempa terjadi. Sementara itu tim Reaksi Cepat BPBD di masing-masing kabupaten dan kota serta provinsi Jawa Barat terus melakukan pendataan dan monitoring.

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan, BPBD Kabupaten Sumedang berbareng lembaga mengenai telah mendirikan tenda pengungsian di laman parkir RS Sumedang.

Image