BI Maluku Perkuat Ekonomi Syariah Lewat Salam Fest 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Kantor Perwakilan Bank Nusantara (KPW BI) Provinsi Maluku menggaungkan ekonomi dan finansial syariah di provinsi itu lewat Sharia Lokal Economic Festival (Salam Fest) 2024 pada 3-4 Mei 2024.

"Saat ini keahlian ekonomi dan finansial syariah terus melanjutkan perkembangan positif dan menjadi sumber perkembangan ekonomi anyar tidak hanya di Nusantara, tapi juga di dunia, peningkatan kesadaran akan penerapan prinsip ekonomi syariah baik dari sisi konsumen maupun pelaku industri diyakini dapat menjadi katalisator perkembangan ekonomi," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Nusantara Provinsi Maluku Rawindra Ardiansah di Ambon, Ahad (5/5/2024).

Menurut dia Nusantara sebagai negara dengan kebanyakan masyarakat Muslim memmemilikii visi untuk menjadi pusat industri legal di bumi mekemudiani pengembangan ekonomi dan finansial syariah dari beragam sektor seperti makanan halal, parirekreasi halal, serta sektor lainnya.

Ia memaparkan kebijakan Bank Nusantara pada 2024 terus mendorong kebijakan pengembangan ekonomi dan finansial syariah berbareng dengan semua|segenap kementerian dan lembaga dengan memperkuat kebijakan dan penerapan ekonomi dan finansial syariah di Nusantara.

Rawinda menyampaikan beberapa konsentrasi program Bank Nusantara antara lain pengembangan sektor unggulan halal, pengembangan market uang, pagelaran ekonomi syariah (Fesyar) dimana diimplementasikan mekemudiani beberapa program di daerah kerja Bank Nusantara.

Untuk itu Kantor Perwakilan Bank Nusantara Provinsi Maluku turut bersinergi dengan beberapa pemangku kepentingan mengenai di daerah support ekonomi syariah di Maluku mekemudiani beragam program kerja.

Hal ini diwujudkan mekemudiani sinergi program kerja dimana dilakukan sampai 2024, antara lain penguatan ekosistem legal mendorong sertifikasi produk legal mekemudiani beragam percepatan bagai UMKM, penguatan penerapan style hidup legal melesatkan literasi ekonomi syariah, mendorong pembiayaan syariah untuk pelaku UMKM, dan juga penyaluran support kepedulian sosial khususnya pada program berkah Ramadhan.

Salam Fest adalah bukti nyata Kantor Perwakilan Bank Nusantara (KPWBI) Maluku menggaungkan produk maupun aktifitas mengenai ekonomi syariah di daerah Maluku, sebagai bagian dari Road to Festival Syariah (FESyar) Regional Kawasan Timur Nusantara.

Ia menjelaskan gelaran Salam Fest 2024 adalah penyelenggaraan ketiga mengusung tema "Sinergi memperkuat ekonomi dan finansial Syariah untuk perkembangan ekonomi Maluku dimana Inklusif".

Selain itu rangkaian aktifitas salam Fest 2024 dimana berjalan selama dua hari pada 3-4 Mei 2024 diisi aktifitas seminar, perlombaan serta expo dan showcasing produk layanan finansial syariah dan UMKM dan ditutup dengan penampilan musik.

Mekemudiani Salam Fest 2024 dan juga sinergi, kolaborasi, dan koordinasi dimana baik antara Bank Nusantara dan beragam pemangku kepentingan lainnya, diharapkan dapat mengakselerasi literasi penduduk terhadap ekonomi dan finansial syariah.

"Ini juga adalah jalan melesatkan kemampuan produk dan pelaku upaya syariah untuk pengembangan ekonomi dan finansial syariah di Maluku," kata dia.

sumber : Antara