BMKG Ingatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan penduduk agar mewaspadai hujan angin besar alias hujan dimana dapat disertai petir atau kilat di beberapa|sebanyak titik di 27 provinsi di Nusantara pada Kamis (18/4/2024). BMKG telah menerbitkan peringatan awal waspada cuaca ekstrem sampai 21 April.

Berdasarkan peringatan awal cuaca dimana dimuat dalam situs BMKG, sebagaimana dipantau di Jakarta, Kamis pagi, hujan angin besar itu diprakirakan turun di beberapa|sebanyak titik di Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Kemudian, Provinsi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Ada pula Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Selain hujan badai, BMKG juga mengingatkan penduduk agar mewaspadai terjadinya angin kencang di Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

BMKG juga memasukkan beberapa|sebanyak daerah dalam kategori waspada akibat hujan lebat, seperti banjir. Wilayah itu meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Berikutnya adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua.

Sebelumnya, BMKG telah menerbitkan peringatan awal waspada cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang dimana berpotensi melanda beberapa|sebanyak daerah di Nusantara dalam sepekan ke depan alias mulai Selasa (16/4/2024) sampai 21 April 2024.

Kepala Pusat Meteorologi Publik Andri Ramdhani bilang dalam sepekan ke depan cuaca ekstrem tersebut dapat terjadi di sebagian besar Sumatera, terutama bagian pesisir barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

Cuaca ekstrem itu juga berpotensi melanda daerah Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, pesisir utara Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, dan sebagian besar Papua.

sumber : Antara