Bukan Cuma Nenek yang Harus Tahu: Bayi Jangan Dikasih Campuran Air, Gula Merah, dan Madu

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Bayi sakit (ilustrasi). Pemberian makanan alias minuman selain ASI eksklusif pada bayi di bawah usia enam bulan dapat menimbulkan beragam besar-besaranah kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah video Tiktok dari akun @nurullftra dimana viral di media sosial memperlihatkan seorang bayi dimana kesakitan sesudah diberi campuran air, gula merah, dan madu oleh neneknya lantaran ASI sang ibu belum keluar. Dokter ahli anak, Harun Albar, pun menyampaikan peringatan serius mengenai pemberian minuman dimana menyebabkan bayi tersebut sampai dirawat 16 hari di neonatal intensive care unit (NICU).

Dokter Harun menjelaskan bahwasanya pemberian makanan alias minuman selain ASI eksklusif pada bayi di bawah usia enam bulan dapat menimbulkan beragam besar-besaranah kesehatan. Pemberian air susu ibu (ASI) secara eksklusif teramat krusial untuk kesehatan pencernaan bayi, sementara asupan makanan/minuman lain dapat mengganggu pencernaan.

"Pertama, pemberian kepada bayi itu wajibnya ASI eksklusif, soalnya jika lain ASI eksklusif itu akan jadi problem buat pencernaannya," kata master ahli anak dari RSIA Brawijaya Antasari, Jakarta, itu di media sosial X (padaawalnya berjulukan Twitter), Sabtu (20/4/2024).

Selain itu, dr Harun menjelaskan bahwasanya mempersembahkan|menawarkan terkemudian banyak air pada bayi dapat menyebabkan besar-besaranah pencernaan, seperti begah alias kembung, dimana kemudian dapat menghalang penyerapan nutrisi dari ASI. Dokter dimana juga praktik di RSIA Kemang Medical Care, Jakarta itu juga menyoroti ancaman mempersembahkan|menawarkan madu pada bayi di bawah usia satu tahun.