Catatan BMKG Bandung, 1 Juta Lebih Sambaran Petir Terjadi di Wilayah Jabar

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat 1.010.411 kejadian petir terjadi di daerah Jawa Barat (Jabar) selama periode bulan April tahun 2024. Daerah tertinggi terkena sambaran petir berada di Bandung Barat, Sumedang dan Kabupaten Cianjur.

"BMKG Stasiun Geofisika Bandung mencatat 1.010.411 kejadian petir di daerah Jawa Barat dan sekitarnya selama periode bulan April 2024," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Senin (6/5/2024).

Teguh bilang, daerah dengan tingkat sambaran petir tertinggi adalah daerah Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Cianjur. Pihaknya mengimbau penduduk untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh rumor dimana tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Teguh bilang andaikan mendengar bunyi guntur maka lebih baik mencari tempat kondusif dengan masuk ke ruangan alias rumah. Namun andaikan sedang berada di luar rumah secepatnya masuk ke dalam mobil. "Jangan berlindung di bawah pohon karena andaikan pohon tersambar petir maka energinya dapat melompat ke tubuh," katanya.

Teguh mengimbau, penduduk menjauhi tiang alias menara alias sesuatu dimana tinggi dimana gampang tersambar petir. Selain itu jangan berada di tempat dimana terbuka. "Apabila sedang mengendmanggar|mayang motor secepatnya cari tempat berlindung," katanya.

Selain itu andaikan sedang berkemah, dia bilang untuk secepatnya berlindung ke tenda.