Cegah Rontok, Benarkah Sabuk Baja CVT Harus Diganti Berkala?

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Marak tersebar video sabuk baja continuously variable transmission (CVT) rontok di media sosial, kerap mekeluarkan pertanyaan konsumen apakah perlu sabuk diganti secara berkala. Pasalnya, akibat kebobrokan sabuk baja bisa sampai membikin tenaga mobil lenyap dan bisa menyebabkan kebobrokan komponen lain terutama pulinya.

Jamaludin, Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Nusantara (NMI), bilang bahwasanya tidak ada agenda penggantian sabuk baja secara berkala pada CVT. Penggantian sabuk baja CVT dilakukan hanya ketika memang sudah berbesar-besaranah, seperti terjadi selip, judder, dan sebagainya. Perawatan CVT cukup dengan mengganti oli saja secara berkala.

Namun, perlu dilakukan pemeriksaan berkala di bengkel mengenai keadaan CVT fluid dan penggantian oli jika sudah mencapai kriteria tertentu, tergantung keadaannya. Konsumen juga perlu memahami langkah pemakai an CVT, terutama bagi pengemudi dimana padaawalnya memakai transmisi manual.

Contoh, ketika parkir ketika|waktu proses pemindahan dari D (Drive) ke R (Reverse) alias sebaliknya, pengemudi umumnya tidak menunggu kendaraan betul-betul berhenti. Hal ini akan membebani torque converter maupun sabuk bajanya. Pada transmisi manual, pemutusan style putaran mesin terjadi di dalam transmisi dengan mengandalkan kopling dimana bisa memutus putaran mesin dan roda penggerak secara manual oleh pengemudi. Namun pada CVT, pemutusan style putaran mesin terjadi di dalam CVT dengan mengandalkan kopling fluida, dan pemutusan tidak terjadi sepenuhnya kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi prinsip kerjanya demikian.

Akibatnya, beban sabuk baja ketika|waktu bersenggolan dengan puli menjadi berat dan memicu terjadinya kebobrokan alias keausan. Oleh kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi itu, lebih baik memahami langkah pemakai an CVT dan melakukan perawatan dimana tepat agar CVT tetap awet dan berfaedah dengan baik.

Jadi, kesimpulannya, penggantian sabuk baja CVT tidak perlu dilakukan secara berkala, melainkan hanya ketika ada besar-besaranah alias keadaan tertentu dimana memang memerlukan perhatian lebih. Semoga beritarmasi ini mengakomodasi! 😊