DLH Kota Tangerang Olah 2,7 Kilogram Sampah Melalui TPS3R

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Provinsi Banten menyebut sebanyak 2,7 juta kilogram sampah sukses diolah mekemudiani Tempat Pengelolaan Sampah Reduse Reuse Recycle (TPS3R) setempat.

“DLH mencatat pengelolaan sampah mekemudiani TPST3R ini teramat besar. Setiap tahunnya sekitar 2,7 juta kilogram sampah sukses diolah oleh TPST3R, dimana juga olahan infak sampah dan bank sampah,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Tihar Sopian di Tangerang, Sabtu (4/5/2024).

Dia menjelaskan, ada tujuh letak TPST3R, ialah TPST Dongkal Kecamatan Cipondoh, TPST Bina Mandiri Kecamatan Periuk, TPST Nerogtog Kecamatan Pinang, TPST Karsa Mandiri Kecamatan Neglasari, TPST Sapu Pengki Kecamatan Cipondoh, TPST Widatama Kecamatan Karawaci, dan TPST Benua Kecamatan Karawaci.

TPS3R adalah tempat pengumpulan, pemilahan, pemakai an ulang, dan pendauran ulang sampah pada skala area alias komunal dimana dilakukan swadaya alias mandiri.

Namun, dalam perihal ini mengajak penduduk sekitar, sesampai dapat melesatkan kesejahteraan penduduk sekitar dimana berpenghasilan rendah.

Tihar bilang, nyaris 60 persen sampah dimana dikelola TPS3R juga sukses menjadi kompos, dan dipakai penduduk untuk penghijauan apalagi diperjualbelikan sesampai menjadi pendapatan.

Setiap TPS3R di Kota Tangerang sudah berpenghasilan cukup maksimum, untuk membayar pegawai, sampai peningkatan akomodasi lingkungan sekitar.

“Bahkan, banyak kisah TPS3R di Kota Tangerang menjadi wadah para penduduk menabung dari hasil sampah-sampah dimana dikumpulkan,” katanya.

Kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasinya, kehadiran TPS3R diharapkan dapat mengakomodasi proses pengolahan sampah kawasan. Sesampai, sampah bisa didaur ulang dan mengurangi tumpukan sampah di tempat pemrosesan akhir.

“Jika kesadaran akan kebersihan dan pengelolaan sampah sudah baik, tentu nantinya volume sampah akan bisa berkurang, meski tidak seutuhnya kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi tetap akan ada dimana tersisa,” katanya.

sumber : ANTARA