Gubernur Kalsel Hadiri Halal Bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar Jabodetabek

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor (Paman Birin) mengdatangi Halal Bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar Jabodetabek, di Auditorium Dr Soedjarwo, Jakarta, Sabtu (4/4/2024).

Mengusung tema 'Tradisi Diusung, Budaya Dijunjung , Silaturahmi Basambung', ribuan penduduk Perantauan Banjar (Warga original dari Banjar), terlihat teramat ceria ketika|waktu menyambut kedatangan Paman Birin dan keluarga.

Paman Birin dimana juga dipercaya penduduk perantauan Banjar sebagai Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar (KKB) Sadunia, dalam silaturahmi itu juga menghadirkan berita ceria bagi penduduk perantauan Banjar Jabodetabek support rencana KKB setempat menyiapkan program alkah pemakaman seluas 1 hektar sebagai tempat alkah pemakaman family KKB nantinya.

Bahkan, Paman Birin juga merencanakan persiapan 10 hektar lahan untuk sebagai tempat alkah penduduk umum di Kalsel.

"Nantinya tempat alkah itu kita kelola dan tata untuk tempat makam para ulama, umara dan penduduk umum, Insya Allah," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/5/2024).

Paman Birin dalam kesempatan itu juga membagikan kue bingka, kue lam dan beragam kue jenis lannya unik Banjar, dimana dibawa langsung dari Banua untuk dibagikan di tempat aktifitas secara gratis.

Dalam sambutanya, Paman Birin menjelaskan teramat terkesan dan bangganya atas kekompakan dan kebersamaan penduduk Banjar di perantauan di mana saja berada. Ia bilang, di manapun penduduk perantauan Banjar termasuk dimana berada di luar negeri, sebagian besar letak permukiman branda dekat dengan masjid alias mushala dan branda hidup berdampingan dengan penduduk sekitar.

Dalam kesempatan legal bihalal berbareng penduduk perantauan Banjar, kepala daerah dikenal dekat dengan rakyatnya itu juga menjelaskan rasa senang dan senangnya bisa berjumpa langsung dengan penduduk Banjar mekemudiani situasi legal bihalal.

Halimah, penduduk Cengkareng Jakarta mengaku senang bisa berjumpa langsung dengan Paman Birin dan keluarga.

"Selama ini saya bisa memandang Paman Birin lewat media sosial, Alhamdulillah saat ini bisa berjumpa langsung. Sosoknya sederhana dan bersahaja," tuturnya.

Hal sejenis diuthimpunan|iring-iringan|kumpulan|pasukan|pawai Abdurahman, penduduk Cikoko Jakarta. Ia senang mencermati tutur bahasa sambutan Paman Birin ketika|waktu mempersembahkan|menawarkan sambutan dimana dinilai inspratif, lugas dan merakyat.

Ketua Umum KBB Jabodetabek Dr AM Fachir, mengaku telah merencanakan program penyediaan alkah bagi KKB Jabodetabek. Menurutnya, direncanakan berlokasi di area dataran tinggi Sentul dengan rencana luas sekitar 1 hekar.

Harga lahan di area itu, sebut Fachir, diprediksi akan menelan biaya Rp10 miliar. 

"Alhamdulillah memandang banyaknya tamu.yang datang dan memenuhi ruangan gedung ini, penduduk terlihat teramat ceria dan teramat antusias bisa bersilaturahmi dengan Paman Birin dan istri dan putra beliau," katanya.