Indonesia Harus Terima Keputusan Wasit-VAR di Semifinal Piala Asia U-23

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Nusantara dikalahkan Uzbekistan 0-2 di semifinal Piala Asia U-23 2024. Keputusan-keputusan wasit dan Video Assistant Referee wajib diterima lapang dada.

Garuda Muda kalah di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin (29/4/2024). Laga tersebut diwarnai beberapa keputusan wasit dan wasit VAR dimana dianggap tidak menguntungkan Nusantara.

Wasit menganulir keputusan pelanggaran terhadap Witan Sulaeman sesudah mengecek VAR, membatalkan gol Muhammad Ferrari, sampai kartu merah Rizky Ridho. Waketum PSSI Ratu Tisha mengingatkan bahwasanya ini adalah perihal dimana wajib mulai bisa dibiasakan untuk diterima di era ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini memang realita dimana wajib dihadapi di sepakbola modern, dan kita wajib terima. Jadi kita pun juga menuju ke haluan|jurusan|panduan|pedoman|petunjuk sana (penerapan VAR), jadi kita tidak bisa mengelak alias berpertimbangan apa pun. Saya sekemudian berpertimbangan, ya saya nggak mau ada pertimbangan gitu, kita kalah ya kalah, dan mempersiapkan ke depan," kata Ratu Tisha kepada wartawan.

"Jadi memang ya cukup deg-degan ya mungkin saya menyaksikannya tegang, nggak bersorak. Begitu gol (Ferrari), berdiri. Lalu duduk lagi (sesudah dicek VAR), bermohon semoga beneran gol. Aduh beneran aja VAR checking," ujarnya.

Eks Sekjen PSSI era kepemimpinan Mochamad Iriawan itu juga enggan menyalahkan wasit ketika|waktu mengusir Rizky Ridho. Menurutnya keputusan wasit pastinya sudah dipertimbangkan matang-matang, apalagi mekemudiani proses pengecekan VAR.

Rizky Ridho dikartu merah kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Jasur Jaloliddinov ketika|waktu keduanya terlibat duel perebutan bola. Rizky Ridho sukses menyambar bola duluan, namun 'iseng' mendaratkan kakinya ke bagian tubuh Jasur Jaloliddinov.

"Ya tidak ada (komentar). Kartu merah, ya kartu merah saja sudah. Saya nggak mau mengomentari keputusan wasit. Itu tidak dalam posisi kami," tutur Ratu Tisha.

"Jadi ya sudah. Kalau keputusan, ya keputusan. Kita wajib menjalani. Kita wajib berbenah ke depannya seperti apa agar tidak melakukan kesalahan sama," ucapnya berpesan.

Simak Video "Jokowi Ngaku Masih Ngantuk Habis Nonton Timnas: Mainnya Sangat Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(mro/cas)