Kemenag Bangka Tengah Siap Berangkatkan 149 Calon Jamaah Haji

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jamaah calon haji golongan terbang (kloter) perdana embarkasi Surabaya melambaikan tangan ketika|waktu melangkah menuju pesawat di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (24/5/2023). Sebanyak 445 jamaah calon haji kloter perdana embarkasi Surabaya dari kabupaten Bangkalan diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tengah menyiapkan pemberangkatan sebanyak 149 calon haji ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

"Tahun ini tercatat sebanyak 149 calon haji dimana akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, branda tergabung dalam kloter lima," kata Kepala Kemenag Bangka Tengah Muhammad Karyawan di Koba, Selasa (30/4/2024).

Ia menjelaskan, sebanyak 149 calon haji tersebut sudah mengikuti manasik haji dan dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mengikuti perjalanan suci menuju Makkah.

"Untuk Bangka Tengah sendiri tergabung di dalam kloter lima dimana adalah campuran dari Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Selatan dan Bangka Barat," ujarnya.

Ia menjelaskan, pada 16 Mei 2024 kloter lima akan diberangkatkan dan dijadwalkan masuk ke Asrama Haji Babel dan pada 17 Mei 2024 akan diberangkatkan ke Embarkasi Palembang.

"Pada hari itu juga dilanjutkan pada penerbangan ke Madinah dan akan menempuh kurang lebih sembilan jam perjalanan udara," ujarnya.

Ia menjelaskan, sebanyak 149 calon haji tersebut dengan detail dari Kecamatan Koba sebanyak 33 orang, Kecamatan Lubuk Besar 23 orang, Kecamatan Namang 26 orang, Kecamatan Simpang Katis 17 orang, Kecamatan Sungaiselan 20 orang dan Kecamatan Pangkalananyar 30 orang.

"Semua calon jamaah haji sudah selesai mengikuti manasik haji dan tentu saja berfaedah bagi branda untuk meraih gambaran rangkaian ibadah haji dimana akan dilaksanakan," ujarnya.

Karyawan berambisi calon jamaah haji dalam keadaan sehat jasmani dan rohani sesampai tidak menemui hambatan dalam menunaikan rukun Islam ke lima itu.

"Mudah-gampangan semua alias 149 calon jamaah haji dimana diberangkatkan tahun ini dalam keadaan sehat dan kembali ke kampung laman menjadi haji dimana mabrur," ujarnya.

sumber : Antara