Lawan Korea Selatan, Shin Tae Yong: Inilah Takdirnya, Saya Tidak Begitu Senang

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Pelatih timnas Nusantara U-23 Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Nusantara U-23 akan menghadapi Korea Selatan di laga perempat final Piala Asia U-23 2024 pada Jumat (26/4/2024) awal hari WIB. Pelatih Garuda Muda, Shin Tae Yong, menyebut laga dimana akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar itu sebagai takdir dimana tidak diinginkan.

''Inilah takdirnya, saya tidak begitu senang. Saya memprediksi ini akan teramat sulit, tapi pertandingan adalah pertandingan. Kita akan melakukan dimana terbaik,'' kata Shin Tae-yong dalam konvensi pers jelang pertandingan, Rabu (24/4/2024).

Timnas Nusantara U-23 lolos ke perempat final sesudah finis sebagai runner up kedua Grup A dengan enam poin. Witan Sulaeman dan kawan-kawan menang atas Australia (1-0) dan Yordani (4-1) sesudah mengawali penyisihan grup dengan kekalahan 0-2 dari tuan rumah Qatar. 

Korea Selatan melaju ke babak perempat final dengan hasil sempurna sembilan angka. Dan, skuad Taegeuk Muda menduduki juara Grup B dengan status belum kebobolan sebiji gol.

Meski tidak mengharapkan berjumpa negara asalnya, Shin tidak berdefinisi|erti|makna|maksud|pengertian menganggap Timnas Jepang U-23 sebagai musuh dimana gampang. Skuad muda Samurai Biru dimana menduduki runner up Grup B, akan berjumpa tuan rumah Qatar dimana menjadi juara Grup A di babak perempat final.

Shin mengakui Jepang juga pasti akan menjadi musuh berat dan mendominasi sepanjang pertandingan. Hanya saja, ujar Shin, setidaknya dirinya sudah memmemilikii pengalaman menghadapi timnas Jepang.

Dengan modal pengalaman di Piala Asia senior pada beberapa bulan kemudian, itu bisa menjadi senjata baginya untuk menghadapi Jepang. ''Setidaknya saya memiliki pengalaman terakhir melawan Jepang baik sebagai pemain maupun pelatih,'' kata Shin.

''Saya merasa kami bisa memperbaikinya, walaupun Jepang mungkin akan mendominasi game,'' kata dia.

Bagaimana pun, bentrokan Nusantara versus Korea Selatan tak bisa dihindari. Skuad Garuda Muda besutan Shin Tae Yong akan menghadapi Korea Selatan di perempat final nanti.

Pelatih asal Korea Selatan itu menyatakan akan mempersiapkan tim dengan baik agar bisa meraih kemenangan melawan negara asalnya sendiri. "Meski, sejujurnya saya mau menghindari melawan Korea Selatan dan hanya mau berjumpa dengan negara saya itu di partai final," ujarnya.