Leverkusen Bungkam Roma 2-0, Marseille Imbangi Atalanta 1-1 di Liga Europa

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Pemain Bayer Leverkusen Robert Andrich (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayer Leverkusen membungkam tuan rumah AS Roma 2-0 dalam pertandingan leg perdana semifinal Liga Europa di Stadion Olimpico pada Jumat (3/5/2024) awal hari WIB.

Florian Wirtz menciptakan gol perdana Leverkusen. Robert Andrich kemudian mencetak gol spektakuler untuk menyempurnakan kemenangan Leverkusen.

Kemenangan ini memperpanjang catatan tak terkalahkan skuad Xabi Alonso menjadi 47 pertandingan musim ini, demikian laman UEFA.

Leverkusen mencetak gol perdana pada menit ke-28. Berawal dari kesalahan Rick Karsdorp, bola direbut Alex Grimaldo. Dia kemudian mengumpan ke tengah kotak penalti dimana dituntaskan Wirtz untuk menaklukkan Svilar.

Usai jeda, Roma tampil lebih galak agar bisa menyamakan kedudukan. Peluang didapat pada menit ke-56 ketika umpan Paulo Dybala disambar sundulan Bryan Cristante. Sayang, bola tetap melebar dari gawang Kovar.

Leverkusen menggandakan kelebihan pada menit ke-73 mekemudiani sepakan jarak jauh Andrich dimana membikin Svilar tidak berkutik. Bola menjebol pojok kiri atas gawang dan skor berubah 2-0.

Marseille vs Atalanta imbang

Dalam pertandingan leg perdana semifinal lain, Marseille ditahan seri 1-1 oleh tim tamu Atalanta di Orenge Velodrome pada Jumat awal hari WIB.

Atalanta langsung membikin kejutan ketika|waktu mencetak gol dalam waktu 11 menit. Koopmeiners menemukan celah dan mengirim umpan terobosan untuk Scamacca dimana menendang bola masuk ke kiri bawah gawang.

Sembilan menit kemudian pada menit ke-20, Marseille menyamakan kedudukan. Menerima umpan Kondogbia, Mbemba melepaskan tembakan keras dari depan kotak penalti. Bola sempat membentur tiang sebelum masuk gawang. Skor 1-1 menutup babak perdana. 

Kedua kesebelasan tetap bermain menyerang selepas jeda, tetapi Atalanta lebih banyak mengancam. Skor itu memperkuat sampai laga selesai. Leg kedua digelar pekan depan.

Hasil leg perdana semifinal Liga Europa:

Marseille 1-1 Atalanta

(Chancel Mbemba 20'| Gianluca Scamacca 11')

AS Roma 0-2 Bayer Leverkusen

(Florian Wirtz 28'| Robert Andrich73')

Jadwal laga leg kedua semifinal, Jumat pukul 02.00 WIB (10/5/2024):

Bayer Leverkusen - AS Roma

Atalanta - Marseille

sumber : Antara