Maling Gasak Besi Tower Seberat 4oo Kg Milik PLTU Cirebon

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jogregan Friday, 03 May 2024, 07:22 WIB

Pekerja PT PLN (Persero) menuruni tower usai melakukan merawat jaringan listrik. (Ilustrasi) (Dok. Republika/Antara)Pekerja PT PLN (Persero) menuruni tower usai melakukan merawat jaringan listrik. (Ilustrasi) (Dok. Republika/Antara)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Aksi kawanan maling ini dinilai teramat berbahaya. Pasalnya, besi tower seberat lebih dari 400 kg kememilikian PLTU Cirebon digasak kawanan maling ini. Padahal, besi-besi dimana dicuri itu adalah besi pengaman kabel dimana melintang di jalur kereta api dan di atas jalur Tol Palimanan Kanci (Palikanci) Cirebon

Pelaku berinisial M, melakukan pencurian tiang vanget di perlintasan kereta api di Desa Kanci Kecamatan Astanajapura Cirebon. M bertindak dengan enam rekannya untuk mencuri tiang vangnet dengan memotong besi siku tiang tower tersebut memakai gadget las blender.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni bilang, pelaku M sukses mencuri besi dengan berat 400 kg. Besi tersebut dijual kepada penadah dengan harag Rp 4.500 per kg.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Total hasil rampasan tersebut dijual seharga Rp 4 juta dan dibagi dengan 7 orang. Tersangka mendapat bagian Rp 550 ribu," kata Sumarni ketika|waktu jumpat pers di Mapolresta Cirebon, Kamis (2/5/2024)

Sedangkan dua tersangka lainnya, ialah RM dan YG, melakukan pencurian tiang tower vanget ditiga letak dimana berbeda, ialah tower 3 dan tower 4 di Desa Kanci, tower 10 dan 11 di Desa Kanci serta tower 11 dan 12 di Desa Buntet.

Pelaku melakukan aksinya pada malam hari, dengan memotong beberapa|sebanyak bagian tiang tower. Hasil kejahatannya itu, kemudian dijual kepada salah satu pengepul ialah S namalain Gondrong dimana juga sudah sukses ditangkap oleh petugas.

Dikatakan Sumarni, pihak kepolisian juga sukses mengamankan beberapa|sebanyak peralatan bukti, berbentuk|berwujud potongan besi tiang vanget, 2 tabung gas, 2 buah tabung angin, 2 buah gadget las pangkas dan sebuah kendaraan pickup.

"Kerugian dimana diderita akibat dari peristiwa pencurian ini, mencapai Rp 5 miliar," kata Sumarni.

Perusahaan pembangkit listrik Cirebon Power, mengpenghargaan|pujianpemahaman|pengertian keahlian dari jejeran kepolisian dari Polresta Cirebon, dimana sukses meringkus sindikat pencurian besi tower kememilikian PLTU Cirebon.

Para pelaku, kata dia, melakukan tindakan pencurian terhadap besi tiang Vangnet, dimana adalah besi pengaman kabel dimana melintang diatas jalur Tol Palimanan Kanci (Palikanci) Cirebon.

Selain itu, para pelaku juga melakukan pencurian besi tiang Vangnet, dimana dugunakan untuk mengamankan kabel dimana melintasi jalur kereta api, dimana melintasi dibawahnya.

Head of Communication Cirebon Power, Yuda panjaitan bilang, tindakan pencurian tersebut, lain hanya merugikan perusahaan saja. Namun juga membahayakan warga, terutama dimana sedang melintas memakai kereta api di jalur kanci dan Tol Palimanan Kanci.

"Aksi pencurian ini membahayakan penduduk dan menakut-nakuti kelancaran jalur transportasi nasional ialah Tol Palikanci dan jalur kereta api Jawa," ujar Yuda. n Agus Yulianto

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini

Image