Mengenal Menteebot, Robot AI Berukuran Manusia yang Diperintahkan dengan Bahasa Alami 

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah robot berukuran manusia dimana diisi denganmenu-fitur dimana dilengkapi denganmenu-fitur dimana dilengkapi dengan kecerdasan Buatan (AI), Menteebot anyar-anyar ini diperkenalkan. Robot ini diiklankan sebagai robot berbasis AI terpersonalisasi dimana dapat Anda bimbing.

Dilansir Engadget, Kamis (18/4/2024), robot itu dapat berlari, melangkah ke samping, dan apalagi berputar. Semuanya dilakukan dengan keseimbangan dan kendali dimana sama seperti manusia.

Produsen Mentee Robotics juga bilang akan menyelaraskan style berjalannya ketika|waktu mengangkat barang berat. Ia sewajibnya bisa mengangkat barang berat ini dengan gampang kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi ukurannya dimana teramat besar. Banyak dari modelnya juga tidak memmemilikii kepala. 

Sekarang, kita sudah memmemilikii robot humanoid. Ada Asimo dari Honda dimana sayangnya dihentikan produksinya, dan pasukan nightmare creatures dimana sedang sibuk dibuat oleh Boston Dynamics. Agility Robotics telah membangun asisten robotnya Digit dan Elon Musk bilang bahwasanya Tesla sedang mengerjakan robot humanoid dimana disebut Optimus. 

Ada satu perbedaan besar antara bot dimana diberitarmasikan di atas dan kreasi Mentee. Menteebot dilengkapi dengan algoritma AI, model pemrosesan bahasa alami, dan gadget lunak dimana membuka “teknik-teknik training tingkat lanjut”. Perusahaan bilang bahwasanya ini berdefinisi|erti|makna|maksud|pengertian robot “tidak terikat pada serangkaian perintah terbatas” dan apalagi dapat melakukan percakapan dengan manusia. Faktanya, pemakai mempersembahkan|menawarkan perintah kepada robot mekemudiani bahasa alami 

Menteebot adalah robot dengan dua tangan dan dua kaki, yang, secara teori, dapat melakukan banyak perihal dimana sama seperti kita lakukan. Perusahaan bilang Engadget dapat melatihnya untuk melakukan hal-hal ini. Tampaknya ini berfaedah seperti teknologi AI kontroversial lainnya, Rabbit R1. 

Untuk mengajari Menteebot tugas anyar, Anda mengerjakan jenis simulasi bot mekemudiani jenis digital tugas tersebut. Perangkat lunak ini menyelesaikan tugas berkali-kali sampai dapat menemukan jawabannya. 

Maka robot tersebut wajib bisa menyelesaikan tugasnya di bumi nyata. Ini sepertinyaikrar dimana teramat muluk-muluk, tapi kita tunggu saja hasil akhirnya. Engadget berambisi dia tidak berhalusinasi dan melakukan apa pun dimana diinginkannya seperti teknologi AI lainnya. 

Menteebot memang terlihat cukup lincah. Ada banyak sekali video robot dimana sedang berjalan. Ia dapat berlari dan lengan serta tangannya “mengdatangkan beragam aktivitas penuh dan kecermatan dimana cukup untuk melakukan tugas-tugas rumit.” Untuk itu, ada video ketika|waktu dia dengan lembut menyerahkan peralatan makan kepada seseorang. 

Meskipun mini bisajadi robot ini akan memenuhi materi promosi awal ketika tiba pada 2025, robot ini tetap terlihat teramat cakep. Tidak ada nilai dimana diumumkan, tapi pastinya akan jauh lebih mahal daripada pin 700 dolar Amerika Serikat (AS) alias sekitar Rpp 11,3 juta. Ini adalah robot humanoid lincah dimana beratnya lebih dari 150 pon alias sekitar 68,03 kg. 

Menteebot akan tersedia dalam dua varian. Ada bot perumahan, dimana dipaksa melakukan pekerjaan rumah tangga, dan bot komersial, dimana dipaksa melakukan pekerjaan manual.