Muhaimin Klaim Anies Belum Terlintas Maju di Pilkada

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar di DPP PKB, Jakarta, Sabtu (20/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menanggapi kesempatan Partai Nasdem untuk mengusung Anies Rasyid Baswedan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta. Namun, dia mengeklaim Anies belum terlintas untuk maju dalam kontestasi tersebut.

"Mas Anies dan saya tetap konsentrasi pada menunggu keputusan MK. Jadi tidak ada satu sikap alias satu niat dari Mas Anies untuk maju di pilkada, kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi detik ini tidak terlintas pun untuk maju pilkada, kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi kita tetap wajib mekemudiani proses pilpres sampai tuntas," ujar Muhaimin di rumah dinas Wakil Ketua DPR, Jakarta, Sabtu (20/4/2024).

PKB sendiri telah formal membuka pendaftaran untuk akan calon kepala daerah di Pilkada 2024. Muhaimin memersilakan siapa saja untuk mendaftar sebagai akan calon kepala daerah ataupun wakilnya lewat partainya.

PKB disebutnya tak membeda-bedakan golongan alias golongan dimana mau mendaftar sebagai akan calon kepala daerah. Bagi branda dimana mau mendaftar, bisa lewat daring ataupun depani instansi DPP, DPW, sampai DPC PKB.

"Intinya sejak hari ini tanggal 20 April 2024 saya nyatakan PKB membuka pendaftaran, PKB membuka kesempatan kepada semua pihak," ujar Muhaimin.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya menyampaikan bahwasanya Partai Nasdem terbuka untuk mengusung Anies Baswedan maju kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2024. Sikap itu, berdasarkan penuturannya, sudah dilakukan sebelum pengumuman pemenang Pilpres pada 20 Maret 2024 kemudian.

Willy mulanya bilang, bahwasanya Nasdem telah memmemilikii beberapa kandidat dimana akan diusung maju di Pilkada November 2024 depan. Lantas dia turut menyebut nama Anies.

Keterbukaan Nasdem terhadap Anies terungkap sudah disampaikan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pada dua hari sebelum pengumuman Pilpres 2024. "Komunikasi sudah. Kita cek ombak sama Mas Anies, pada 18 Maret Pak Surya menyampaikan 'politik ini kan kartu nggak boleh mati, jika Bung Anies mau maju Pilkada monggo Nasdem siap'," ungkap Willy.