Naskah Khutbah Jumat: Tanggung Jawab Elite Bangsa

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Seorang umat Islam meletakan dasar kaki ketika|waktu mengunjungi Masjid Quba di Madinah, Arab Saudi ,Jumat (5/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Safwannur, Alumnus Ponpes Ihyaaussunnah Lhokseumawe, Aceh dan Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Yogyakarta. Pengajar di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut

إِنَّ الْحَمْدَ لِلّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بالله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إلهَ إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

 قَالَ تَعَالَى: .....وَاَوْفُوْا بِالْعَهْدِۖ اِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْـُٔوْلًا.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Pesta kerakyatan telah selesai dilaksanakan untuk memilih pemegang kekuasaan baik pelaksana maupun legislatif. Rakyat Nusantara telah menyalurkan kewenangan pilihnya pada pemilu untuk menentukan Presiden dan Wakil Presiden serta personil parlemen, mulai dari kelas daerah sampai nasional dengan masa kedudukan lima tahun.

Sebelum pemungutan suara, para kontestan politik disibukkan dengan beragam aktifitas, untuk mempublikasikan diri kepada publik dalam rangka meraup support. Beragam gadget peraga kampanye tersebar di lokasi-lokasi strategis komplit dengan foto, semboyan danikrar-janji politik para peserta pemilu.

Dalam proses demokrasi, tidak bisa dipungkiri, ada dimana terpilih dan ada dimana tidak terpilih. Siap mencalonkan diri berdefinisi|erti|makna|maksud|pengertian siap menang dan siap kalah. Masing-masing calon bersaing ketat untuk merebut bunyi rakyat. Calon dimana dinyatakan menang akan mengemban petunjuk rakyat dimana tidak ringan. Calon dimana kalah wajib legawa menerima kekalahan sebagai bentuk integritas politik.

Selanjutnya...

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-tanggung-jawab-elite-bangsa