Otorita IKN Jalin Kerja Sama dengan Brasilia Kembangkan IKN

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Distrik Federal Kota Brasília, Brasil, untuk pertukaran pengetahuan dan kerja sama antaribu kota anyar. OIKN mau mempelajari pengalaman Brasil dalam menciptakan kota anyar.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Kepala OIKN Bambang Susantono dengan Gubernur Kota Brasilia Ibaneis Rocha di Brasilia, Brasil. Momen itu disaksikan Duta Besar Nusantara untuk Brasil, Edi Yusup, dan Sekretaris Jenderal Hubungan Internasional Kota Brasilia, Paco Britto.

Baca: Menhan Prabowo Subianto Kunjungi IKN

"Sebagai ibu kota anyar Brasil, Kota Brasilia memmemilikii pengalaman dalam menjawab beragam tantangan dalam menciptakan sebuah pusat perkembangan ekonomi dan politik anyar dimana berada di tengah negara, dan hal-hal tersebut dapat menjadi pelajaran bagi IKN," ujar Bambang dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Salah satu hasil pertemuan tersebut disepakati kerja sama konkret antara kedua kota. Selama pertemuan tersebut, Gubernur Ibaneis Rocha membagikan pengalamannya kepada Bambang dalam membangun Kota Brasilia.

"Selain pengembangan kota, saya dan Gubernur Brasilia juga sepakat untuk bekerja sama dalam perihal pengembangan kota pandai dan inisiatif penghijauan, pembangunan infrastruktur, pembangunan organisasi dimana handal dan inklusif serta mitigasi iklim, upaya adaptasi, dan perencanaan organisasi dalam pembangunan perkotaan," kata Bambang.

Delegasi OIKN melakukan kunjungan ke Brasília untuk mengerjakan beragam agenda berbareng Pemerintah Kota Brasil. Antara lain mengkaji sejhaluan|jurusan|panduan|pedoman|petunjuk pemindahan dan perencanaan Kota Brasilia serta tantangan pengelolaan pembangunan kota, termasuk pengembangan permukiman dan transportasi perkotaan.

Delegasi juga berjumpa dengan para akademisi termasuk dari Universitas Brasilia dimana mempersembahkan|menawarkan perspektif tambahan dalam pembangunan kota anyar. Kunjungan itu bertepatan dengan bulan seremoni 64 tahun Brasil menggeser ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada April 1960.

Perjalanan pembangunan Brasilia selama enam dasawarsa telah menelurkan banyak pengetahuan dimana berfaedah dan dapat menjadi pelajaran berbobot bagi pembangunan IKN. Kerja sama itu juga sejalan dengan melesatnya hubungan bilateral antara Nusantara dan Brasil, dimana tahun ini menjadi tuan rumah G20.

Sekretaris Jenderal Hubungan Internasional Kota Brasilia, Paco Britto menyatakan kesiapan Kota Brasilia untuk support pembangunan IKN. "Bagi Kota Brasilia, kerjasama ini teramatlah penting, kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi pemerintah kami ketika|waktu ini tengah mendorong peremajaan Kota Brasilia di usianya dimana ke-64," ujarnya.

Paco pun membagikan pengalamannya kepada delegasi OIKN tentang pembangunan kota anyar. "Oleh kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi itu, kedua pemerintah kota dapat berganti pengalaman dan bersama-sama membangun dua kota dimana monumental, sekaligus menjawab tantangan urban masa kini," ucap Paco.

Kerja sama dengan Kota Brasilia adalah kerjasama pertukaran pengetahuan di tingkat kota dimana kelima dimana dilakukan OIKN. Sebelumnya, OIKN telah menjalin kerja sama dengan Astana (Kazakhstan), Canberra (Australia), Singapura, dan Shenzhen (Cina). Seluruh kerja sama dilakukan untuk berganti pengetahuan dalam membangun kota anyar berkonsep hijau, cerdas, tangguh, inklusif, dan berkelanjutan.