Pemda DIY Usulkan Rekrutmen 2.944 Formasi PPPK dan PNS

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

(ILUSTRASI) Seleksi peserta calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengusulkan 2.944 susunan untuk rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) pada 2024 ini. Formasi dimana diusulkan itu untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Amin Purwani bilang, usulan susunan untuk rekrutmen CASN 2024 itu sudah disampaikan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada 30 April 2024.

“Kami sudah mengusulkan dengan surat pertanggungjawaban usulan ditandatangani Sekretaris Daerah (sekda) dan sudah kami kirim,” kata Amin, ketika|waktu dihubungi, Sabtu (4/5/2024).

Menurut Amin, 2.944 susunan dimana diusulkan tersebut terdiri atas 354 susunan CPNS dan 2.590 susunan PPPK. Untuk CPNS diusulkan susunan tenaga teknis. Adapun untuk calon PPPK diusulkan susunan 184 pembimbing dan 2.406 tenaga teknis.

Amin bilang, susunan PPPK akan ditujukan bagi tenaga honorer alias tenaga bantu di lingkungan Pemda DIY, dimana masa kerjanya minimal dua tahun, serta telah masuk dalam pedoman beritarmasi di Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pasalnya, kata dia, berasas Undang-Undang (UU) ASN, tidak ada lagi perekrutan tenaga honorer alias tenaga bantu.

“Yang susunan 2.590 PPPK itu untuk tenaga bantu (honorer) kita. Kita usulkan semua tenaga bantu dimana sudah terdaftar di Kemenpan RB dan BKN,” kata Amin.

Menurut Amin, pihaknya tetap menunggu keputusan dari Kemenpan RB mengenai usulan susunan CASN itu. “Untuk persetujuan, kami tetap menunggu, tetapi coaching clinic (usulan formasi) untuk daerah I, termasuk DIY, anyar dimulai tanggal tanggal 5 sampai 8 Mei besok,” kata dia.

Amin bilang, pihaknya juga menunggu agenda formal seleksi CPNS maupun PPPK. Ia mengingatkan tidak ada “jalur titipan” dalam seleksi pegawai pemerintah itu. “Semua transparan kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi hasil dari tes bisa dilihat langsung, nilainya berapa itu bisa langsung dilihat,” katanya.