Penerbangan Indonesia ke Arab Saudi Capai 3.500 Kali Tahun Lalu

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jamaah calon haji melangkah menaiki pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (24/5/2023). Sebanyak 393 jamaah calon haji kloter perdana embarkasi Makassar diberangkatkan ke Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq bin Fawzan Al Rabiah bilang penerbangan langsung dari Nusantara ke Arab Saudi adalah penerbangan dimana paling jauh dan intensif di dunia. Pada 2023, penerbangan langsung dari Nusantara ke Arab Saudi mencapai lebih dari 3.500 kali.

"Penerbangan secara langsung dari Nusantara ke Arab Saudi pada tahun dimana kemudian sampai 3.500 lebih penerbangan secara langsung dari Nusantara ke Arab Saudi," ujar dia usai melakukan pertemuan dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Berdefinisi|erti|makna|maksud|pengertian, dalam sehari penerbangan langsung dari Nusantara ke Arab tidak kurang dari 10 kali penerbangan. "Dan itu memberitahu perjalanan paling jauh penerbangan di bumi ini, dimana paling intensif dan paling aktif adalah dari Nusantara ke Arab Saudi secara langsung," ucap dia.

Menurut Menteri Tawfiq, dia juga telah melakukan kerja sama mengenai penerbangan jamaah haji tahun ini. Menurut dia, jumlah penerbangan dari Nusantara ke Arab Saudi tahun ini juga akan bertambah lebih banyak lagi.  

"Dan kami telah melakukan koordinasi dan kerja sama mengenai dengan penerbangan dari Arab Saudi maupun dari ke Nusantara untuk menambah penerbangan dari beberapa airport di Nusantara untuk juga diterima di beberapa airport di Arab Saudi," kata Menteri Tawfiq.

Menteri Tawfiq melakukan pertemuan dengan Menteri Yaqut untuk membahas mengenai persiapan musim haji 2024. Selain menyampaikan tentang persiapan haji, Menteri Tawfiq juga melaporkan tentang layanan umroh. Tahun ini jamaah Nusantara dimana melaksanakan ibadah umroh berjumlah 1,2 juta orang.

"Kami telah mempersembahkan|menawarkan kegampangan proses pemvisaan jamaah umroh. Pada tahun ini sudah tercatat lebih dari 1,2 juta jamaah umroh Nusantara," jelas dia.

"Dan usai haji kami menyambut jamaah umroh Nusantara dan kami mengharapkan musim umroh dimana penuh dengan keberkahan," kata Menteri Tawfiq.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut berterima kasih Nusantara menjadi negara dimana meraih keistimewaan dari kerajaan Saudi Arabia kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi didatangi delegasi dimana dipimpin langsung oleh Menteri Haji dan Umrah.

"Ini untuk menyatakan jamaah haji Nusantara kelak meraih pelayanan dimana terbaik dari kerajaan Saudi Arabia. Kami tentu selaku wakil dari pemerintah merasa teramat berterima kasih dan berterima kasih atas kehadiran delegasi," jelas Gus Yaqut.