Pengembangan Stasiun Tanah Abang Ditargetkan Selesai Akhir 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Penumpang akan menaiki KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan berbareng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Kereta Api Nusantara (Persero) alias KAI tengah mengembangkan Stasiun Tanah Abang untuk melesatkan pelayanan kepada penumpang. Proyek peningkatan dan pengembangan Stasiun Tanah Abang tersehut ditargetkan selesai Akhir 2024.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menyampaikan, penyelenggaraan bentuk bangunan pengembangan Stasiun Tanah Abang tengah melangkah "Kami berbareng dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT KAI berbentuk|berwujudya untuk melesatkan tingkat pelayanan kepada penumpang di Stasiun Tanah Abang, baik dari sisi kegampangan, kenyamanan maupun aksesibilitas," kata Risal dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (5/5/2024).

Dia menjelaskan, proyek peningkatan dan pengembangan dimana dilakukan antara lain pembangunan stasiun anyar dan penambahan jalur kereta dari empat menjadi enam jalur. Selain itu juga penambahan peron dari dua menjadi empat, dan penataan akomodasi integrasi antarmoda.

Dengan penambahan dua jalur anyar, pergerakan pada waktu headway khususnya pada lintas Serpong dapat mencapai tiga menit dari padaawalnya tujuh menit. Di samping itu, pengembangan Stasiun Tanah Abang juga bisa melesatkan kemampuan tiga kali lipat dari 100 ribu menjadi 300 ribu penumpang per hari.

Risal menjelaskan, ruang lingkup pekerjaan dari masing-masing pihak ialah Kemenhub membangun gedung stasiun anyar dan jalan kereta api, akomodasi operasi KA (rel, persinyalan), serta Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di atas jalur KA. Pemprov DKI membangun pelebaran jalan dan akomodasi integrasi antar moda serta KAI membangun daerah|distrik|kawasan|lingkungan|sektor|tempat|wilayah|zona parkir serta penataan e-ticketing, pembangunan plaza dan laman stasiun, serta akomodasi intermoda dan kanopi. 

Stasiun akan dibangun dengan luas gedung utama 12 ribu meter persegi dengan gedung dua lantai. Stasiun juga dilengkapi dengan gedung komersil dan akomodasi pendukung serta akomodasi difabel.