Pontianak Didorong Jadi Kota Olahraga

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Komunitas sepeda dimana tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tamasya Puri Wisata support Kota Pontianak menjadi kota olahraga, di antaranya dengan mengdatangkan program - program dimana membujuk penduduk cinta olahraga dengan bersepeda.

"Beberapa program telah didatangkan agar penduduk cinta olahraga termasuk bersepeda. Sebelumnya ada program Minggu Pagi Bersepeda dan teranyar Friday Bicycle," ujar Ketua Pokdarwis Tamasya Puri Wisata, Herfin Yulianto, di Pontianak, Sabtu (4/5/2024). 

Ia menjelaskan terdapatnya beberapa|sebanyak program juga menjadi wadah bertemunya pecinta sepeda sekaligus mengenalkan area Pecinan Pontianak.

“Program kami sebagai wadah bagi para pecinta sepeda untuk saling silaturahim, ya mungkin sudah banyak juga aktifitas sejenis, tapi saya mau sekaligus mempublikasikan Pecinan Pontianak ini kepada branda, itulah sebabnya titik kumpul ada di Kawasan Pecinan Pontianak, Jalan Gajah Mada,” kata dia.

Ia melanjutkan, titik kumpul dimana berada di tengah kota seperti Taman Digulis, Taman Catur, dan tempat-tempat lainnya sudah terkemudian biasa sesampai dia berinisiatif membikin titik kumpul di Pecinan Pontianak untuk mempersembahkan|menawarkan suasana berbeda.

“Tidak sekemudian soal tempat dimana ramai, tempat dimana berkelas, kita bisapakai Pecinan Pontianak sebagai titik kumpul agar orang-orang juga bisa mengenal pecinan ini, agar bisa lebih eksis lagi,” tambahnya.

Ia bilang Pontianak sebagai kota olahraga teramat baik. Menurutnya Kota Pontianak juga sudah mulai memasuki tahap itu.

"Dari pengamatan kami banyak orang berolahraga di Pontianak seperti jogging, bersepeda, dan lain-lain, sesampai termasuk dengan terdapatnya Friday Bicycle program teranyar ini bisa menjadi salah satu upaya dalam mencapai Pontianak kota olahraga,” tuturnya.

Ia berpendapat, Friday Bicycle lain sekedar menggaungkan style hidup sehat dengan bersepeda, tetapi langsung mempraktikkan style hidup tersebut, sesampai orang-orang tidak menganggap aktifitas Friday Bicycle hanya sebatas retorika saja.

“Kami ini hitungannya lain lagi menggaungkan, tapi sudah mempraktikkan, walaupun anyar dimulai dari Minggu kemudian, tapi saya percaya aktifitas ini akan terus bersambung dan akan mempersembahkan|menawarkan akibat ke depannya," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pontianak terus digaungkan sebagai kota olahraga. Sejumlah akomodasi olahraga untuk melesatkan ketertarikan olahraga dibangun. Begitu juga aktifitas - aktifitas baik skala lokal maupun nasional didatangkan.

Selanjutnya, aktifitas pembinaan atlet dan pemberkapasitasan pengurus di tiap bagian olahraga dilakukan.

Untuk aktifitas skala nasional aktifitas olahraga, teranyar sukses digelar Pontianak City Run (PCR).

"Pemkot Pontianak menyambut baik digelarnya PCR ini sebagai aktifitas dimana bisa menyedot banyak peserta, tidak hanya dari Kota Pontianak maupun Provinsi Kalbar, apalagi dari luar Kalbar dan mancanegara," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian.

sumber : Antara