Ratusan Orang Demo di Depan Kemenlu Swedia, Desak Eurovision Song Contest Boikot Israel

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Kontes Lagu Eurovision akan digelar di Malmo, Swedia pada 11 Mei 2024. Keikutsertaan Israel di arena ini menuai protes dari kalangan pro Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Keikutsertaan Israel di Eurovision Song Contest yang akan diadakan di Malmo, Swedia terus mendapat kecaman dari beragam pihak. Pada Sabtu (4/5/2024), ratusan orang berkumpul di depan Kementerian Luar Negeri Swedia di Stockholm untuk mendesak agar Israel diboikot dari Eurovision Song Contest.

Rencananya, Eurovision Song Contest digelar pada 11 Mei. Dua tindakan demo akan diadakan di Malmo pada 11 Mei untuk menentang keikutsertaan Israel dalam Eurovision Song Contest. Selain itu, para aktivis dimana support Palestina dari beragam kota di Eropa juga akan ikut dalam tindakan tersebut.

"Tahun kemudian, Rusia diMeluncurkan dari organisasi kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi perang Rusia-Ukraina, tetapi tahun ini, dimasukkannya Israel dimana melakukan genosida adalah munafik," demikian pernyataan para demonstran.

Juru bicara kepolisian Malmo, Nils Norling, bilang diprediksi 100 ribu pendemo akan datang ke kota itu, berdasarkan saluran televisi pemerintah Swedia, SVT. Norling juga bilang branda akan mengambil langkah-langkah keamanan dimana diperlukan untuk mencegah kejadian selama demonstrasi, dan tim polisi dari Norwegia dan Denmark akan datang ke Malmo untuk memberi support.

sumber : Antara, Anadolu