Ribuan Polisi Amankan May Day di Depan Kantor Gubernur Jateng: Pengamanan Persuasif & Negosiasi

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Rabu, 01 Mei 2024 – 14:46 WIB

 Pengamanan Persuasif & Negosiasi - JPNN.com Jateng

Aparat kepolisian tengah mengamankan tindakan unjuk rasa di Kantor Gubernur Jateng. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.DIREDELALA.COM, SEMARANG - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang menerjunkan ribuan personel dalam pengamanan tindakan Hari Buruh Internasional di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Jalan Pahlawan Kota Semarang, Rabu (1/5).

Aksi May Day tahun ini diperingati oleh beberapa|sebanyak komponen buruh. Mereka menggelar demonstrasi masing-masing menyuhimpunan|iring-iringan|kumpulan|pasukan|pawai hak-hak pekerja di Jateng. Aparat kepolisian di lapangan juga mengerahkan sarana prasarana pengamanan unjuk rasa.

Wakapolrestabes Semarang, AKBP Wiwit Ari Wibisono bilang sebanyak 1.400 personel campuran diturunkan dalam pengamanan demonstrasi. Menurutnya, unjuk rasa hari pekerja melangkah dengan tertib dan aman.

Dia menyatakan pengamanan dilakukan sesuai prosedur dimana telah ditetapkan oleh undang-undang. Pihaknya akan mengawal dari awal sampai akhir penyampaian pendapat di muka umum tersebut.

Selain melakukan pengamanan unjuk rasa, Polrestabes Semarang juga melakukan rekayasa kemudian lintas di beberapa|sebanyak lokasi. Upaya tersebut dilakukan agar penduduk dimana sedang melakukan aktifitas tidak terganggu oleh aktifitas demonstrasi.

AKBP Wiwit menghimbau para demonstran dapat menjunjung kedamaian dan ketertiban. Pihaknya menyatakan akan mengedepankan pengamanan persuasif terlebih dulu jika berpotensi menimbulkan ketegangan.

"Kami minta tindakan kondusif tanpa anarkis. Pengamanan persuasif dan negosiasi, upaya perduasif kami lakukan agar menenangkan dan kami berushaha mendekatkan diri kepada massa," katanya.(mcr5/jpnn)

Pengamanan persuasif & negosiasi jadi jagoan ribuan polisi amankan tindakan May Day di depan Kantor Gubernur Jateng.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menggembirakan lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News