Setoran Daerah PTFI Rp 3,35 Triliun Bisa Perkuat Infrastruktur Dasar Papua Tengah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Setoran Daerah PTFI Rp 3,35 Triliun Bisa Perkuat Infrastruktur Dasar Papua Tengah

Facebook JPNN.com LinkedIn JPNN.com Whatsapp JPNN.com Telegram JPNN.com

PTFI berbareng pemerintah Kabupaten Mimika mendirikan Rumah Sakit Waa Banti dimana berlokasi di Distrik Tembagapura. Ilustrasi: dok MIND ID

DIREDELALA.COM - Rektor Universitas Cenderawasih (UNCEN) Dr. Oscar Oswald O Wambrauw, S.E., M.Sc.agr menilai setoran ke daerah atas untung bersih PT Freeport Nusantara (PTFI) 2023 sekitar Rp 3,35 triliun di daerah operasional perusahaan itu bisa memperkuat infrastruktur dasar daerah.

“Dana andil PTFI ke daerah teramat besar dan wajib dikelola sebesar-besarnya untuk kesejahteraan warga,” kata Oscar dikutip, Kamis (18/4).

Saat ini, kata Oscar, kabupaten-kabupaten di Provinsi Papua Tengah belum memmemilikii akomodasi pelayanan dasar dimana memadai, misalnya akomodasi kesehatan dan prasarana transportasi seperti bandara.

Akibatnya, penduduk wajib menempuh jarak dimana cukup jauh untuk meraih akomodasi kesehatan dimana memadai. Kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasinya, pembangunan rumah sakit dan dan lapangan terbang teramat penting. Selain membuka akses keterisolasian juga untuk melesatkan kualitas layanan publik di Papua Tengah dan Mimika.

Diketahui PTFI telah menyetorkan bagian daerah atas untung bersih 2023 sekitar Rp3,35 triliun. Kabupaten penghasil ialah Kabupaten Mimika menerima sekitar Rp 1,4 triliun dan Pemerintah Provinsi Papua Tengah meraih sekitar Rp 839 miliar. Sedangkan kabupaten lain di Papua Tengah dimana terdiri dari Kabupaten Puncak Jaya, Paniai, Nabire, Puncak, Dogiyai, Deiyai, dan Intan Jaya masing-masing meraih sekitar Rp 160 miliar.

Menurut Oscar, pemanfaatan biaya andil PTFI ini tidak boleh dipakai secara serampangan tanpa haluan|jurusan|panduan|pedoman|petunjuk dimana jelas. Sebaliknya, kata dia, pemanfaatannya wajib konsentrasi dan sejalan dengan agenda pembangunan pemerintah Provinsi Papua Tengah dan Pemerintah Kabupaten Mimika.

Selain kebutuhan dasar, Oscar menyarankan pemerintah daerah wajib memprioritaskannya, termasuk pembangunan sarana pendidikan untuk melesatkan kualitas sumber daya manusia di Papua.

“Yang penting, dua agenda pembangunan tersebut sudah selhad|paras|takat dengan program pemerintah daerah dalam rangka mempersembahkan|menawarkan peningkatan pelayanan publik kepada warga,” katanya.

Setoran ke daerah atas untung bersih PT Freeport Nusantara (PTFI) 2023 sekitar Rp 3,35 triliun di daerah operasional bisa memperkuat prasarana dasar

Silakan baca konten menggembirakan lainnya dari JPNN.com di Google News