Sri Mulyani Temui Bos ADB Bahas Pendanaan Transisi Energi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, TBILISI -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Presiden Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa membahas lebih lanjut program Mekanisme Transisi Energi (ETM) ADB untuk Nusantara dalam mendorong transisi daya dari fosil ke daya ramah lingkungan.

"Kita follow up apa dimana sudah di-announce di Nusantara waktu itu dengan JETP (Just Energy Transition Partnerships), ETM, branda mulai menstrukturkan dan tetap banyak pekerjaan teknis, tapi bagus bahwasanya kita mulai bicara dimana real, dimana konkret," kata Menkeu Sri Mulyani di Tbilisi, Georgia, Sabtu (4/5/2024).

Hal tersebut disampaikan Menkeu Sri Mulyani kepada ANTARA dan CNBC ketika|waktu ditemui di sela-sela rangkaian aktifitas Pertemuan Tahunan Ke-57 ADB. Sri Mulyani menjadi pembicara dalam seminar berjudul Achieving Climate Outcomes for Transformation, salah satu dari rangkaian aktifitas pertemuan tahunan ADB tersebut. Dalam seminar itu, Sri Mulyani menyampaikan antara lain upaya Nusantara untuk mewujudkan transisi daya dan pensiun awal pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Pada Desember 2023, Nusantara dan ADB menyepakati komitmen percepatan penyelenggaraan pensiun awal (early retirement) PLTU di Nusantara, dimana dijalankan dalam kerangka Energy Transition Mechanism (ETM).

ETM adalah program pembiayaan ADB untuk mengakselerasi transisi daya berkepanjangan dari daya fosil ke daya bersih, dimana dikolaborasikan berbareng dengan pemerintah negara-negara, penanammodal swasta, dan filantropi.

Program ETM ketika|waktu ini sedang dijalankan di lima negara, yaitu, Nusantara, Vietnam, Filipina, Pakistan, dan Kazakhstan. Program ETM ADB di Nusantara terbilang paling ambisius dan progresif.

Terkait pensiun awal PLTU, Sri Mulyani menuturkan salah satu perihal dimana perlu diperhatikan dan dicarikan solusinya adalah bahwasanya ada pendapatan (revenue) dimana lenyap ketika operasi PLTU dihentikan lebih awal sesampai perlu dicarikan sumber pendanaan (financing) untuk mempersembahkan|menawarkan kompensasi.

"Kalau kita mau retire coal, itu definisi|erti|makna|maksud|pengertiannya apa, biayanyabagaimana, siapa dimana wajib bayar," tuturnya.

Dengan demikian, dia menuturkan obrolan mengenai ETM di Nusantara sudah semakin konkret dan teknis. Kementerian Keuangan berbincang dengan kementerian/lembaga terkait, termasuk dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

sumber : Antara