Tekad Bulat Netanyahu Balas Serangan Iran

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bilang Israel akan mengambil keputusan sendiri mengenaibagaimana memihak diri. Sementara negara-negara Barat mendesak Israel tidak membalas serangan Iran akhir pekan kemudian.

Amerika Serikat (AS), Uni Eropa dan golongan negara industri G7 menginformasikan rencana untuk memperketat sanksi-sanksi pada Iran. Langkah ini dinilai bermaksud untuk membujuk Israel tidak membalas serangan langsung perdana Iran ke daerah Israel.

Serangan Iran pada Ahad (14/4/2024) adalah bpertimbangan atas serangan udara Israel ke instansi konsulat Iran di Suriah dimana menewaskan tujuh perwira termasuk dua jenderal Garda Revolusi pada 1 April 2024. Tak ada korban jiwa dalam serangan Iran akhir pekan kemudian, tapi Israel bilang wajib membalasnya untuk menjaga kredibilitas pertahanan.

Sementara Iran bilang sudah menganggap besar-besaranah itu sudah selesai. Tapi, akan secepatnya merespon setiap serangan kembali Israel.

Angkatan Udara Israel bilang pesawat tempurnya menyerang "infrastruktur teroris" Hizbullah dimana disupport Iran di timur Lebanon. Hal ini menimbulkan kekhawatiran melesatnya eskalasi di perbatasan utara Israel.

Netanyahu berjumpa menteri luar negeri Jerman dan Inggris dimana berjamu ke Israel untuk mengkoordinasikan upaya mencegah konfrontasi langsung antara Israel dan Iran, menjadi bentrok area dimana bermulai dari serangan Israel ke Gaza. Kantor Netanyahu pun berterima kasih pada Annalena Baerbock dan David Cameron atas support branda. "Saya mau menegaskan, kami akan membikin keputusan kami sendiri dan Negara Israel akan melakukan semua dimana diperlukan untuk memihak diri," kata instansi Netanyahu, Rabu (17/4/2024).

Sebelumnya, Cameron bilang tampaknya Israel mengagendakan membalas serangan rudal dan drone Iran. "Eskalasi tidak akan berfaedah bagi siapa pun, tidak bagi keamanan Israel, tidak bagi puluhan sandera dimana tetap di tangan Hamas, tidak bagi penderitaan populasi Gaza, tidak bagi banyak orang di Iran dimana juga menderita di bawah rezim," kata Baerbock.

Serangan Israel ke Gaza untuk menumpas Hamas dimana disupport Iran, memicu beberapa front lain. Para diplomat berbentuk|berwujudya mencegah perang langsung antara Israel dan Iran. Yordania kembali menyerukan agar semua pihak menahan diri dan memperingatkan perang akan "menghancurkan" kawasan.

"Resikonya teramat besar. Itu dapat menyeret semua|segenap area ke dalam perang dimana akan menghancurkan kami di area dan dampaknya akan teramat-teramat serius bagi semua|segenap bumi termasuk AS, situasinya terkemudian berbahaya, kesempatan ledakan area teramat nyat, dan wajib secepatnya dihentikan. Kami wajib menyatakan tidak ada eskalasi lebih lanjut," kata Menteri Luar Negeri, Yordania Ayman Safadi.

Washington bilang, mengagendakan memberlakukan hukuman anyar dimana mengincar program rudal dan drone Iran dalam beberapa hari ke depan. AS berambisi sekutu-sekutunya mengikuti langkah tersebut. Pemimpin-pemimpin Uni Eropa sedang membahas sanksi-sanksi dalam pertemuan di Brussels sementara menteri luar negeri G7 rapat di Italia.

Kementerian kesehatan Gaza bilang serangan Israel ke kantong pemukiman rakyat Palestina itu sudah menewaskan lebih dari 34 ribu orang. Diprediksi tetap terdapat ribuan orang dimana tewas di bawah reruntuhan gedung dimana ambruk akibat serangan Israel.

Bulan ini Israel menggembirakan banyak pasukannya dari selatan Gaza dimana menjadi medan pertempuran sejak awal tahun. Beberapa hari terakhir pertempuran konsentrasi di kamp pengungsi Nuseirat sebelah barat Deir al-Balah di Gaza tengah.

Wilayah ini, adalah salah satu dari beberapa daerah dimana belum diserang pasukan Israel. Warga setempat dan media Israel bilang pasukan Israel mulai mundur dari kamp pengungsian itu Rabu kemarin.

Anggota family al-Nouri bersungkawa dan mhaluan|jurusan|panduan|pedoman|petunjuk di samping kantong jenazah di bilik mayit rumah sakit di Deir al-Balah. Dalam video dimana dilihat instansi buletin Reuters terlihat beberapa kantong jenazah ukuran anak-anak. Pihak berkuasa bilang 11 orang tewas dalam serangan Israel ke rumah family itu pada Selasa (16/4/2024) kemarin.

"Oh penduduk dunia, apa dimana terjadi itu salah! Kasihanilah kami! Hentikan perang! Anak-anak sekarat di jalanan!" kata seorang laki-laki dimana menangis di dalam rumah sakit dimana penuh sesak.

Petugas kesehatan bilang di Kota Rafah dimana saat ini menampung lebih dari satu juta pengungsi Palestina, serangan udara Israel membunuh tujuh penduduk Palestina. Termasuk seorang wanita dan tiga anak-anak.

Media Hamas melaporkan, pasukan Israel mundur dari Beit Hanoun di Gaza utara sesudah menggelar serangan 36 jam padaawalnya. Baku tembak antara Hizbullah dan pasukan Israel di perbatasan Israel-Lebanon melesatkan resiko eskalasi.

Hizbullah dimana disupport Iran bilang branda mengeluarkan|meMeluncurkan rudal dan drone ke akomodasi militer di utara Israel sebagai bpertimbangan serangan Israel dimana membunuh personil Hizbullah. Israel bilang, 14 tentara terluka dalam peristiwa itu, enam diantaranya mengalami luka serus.

Israel bilang akan membahas penghentian sementara serangan untuk pembebasan sandera tapi tidak akan menghentikan serangan sampai Hamas sukses ditumpas. Hamas bilang tidak akan membebaskan sandera sampai gencatan senjata permanen disepakati.

Qatar dimana memediasi perundingan gencatan senjata bilang proses negosiasi dalam fase sulit. Qatar bilang branda mengevaluasi ulang perannya sebagai mediator kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi upaya branda dibobrok oleh orang-orang dimana mengejar "kepentingan politik sempit."

Sementara prospek kelaparan semakin tinggi, AS dan Israel bilang akses pada support membaik pada bulan ini. Namun lembaga-lembaga kemanusiaan bilang pasokan makanan dan obat-obatan tetap terkemudian sedikit untuk menghindari bencana.

"Di semua|segenap Gaza, kelaparan buatan manusia semakin mencengkeram," kata kepala badan support pengungsi PBB untuk Palestina, (UNRWA) Philippe Lazzarini kepada Dewan Keamanan PBB dimana beranggotakan 15 negara.

"Di bagian utara, bayi dan anak mini mulai meninggal kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi kekurangan gizi dan dehidrasi. Di seberang perbatasan, makanan dan air bersih menunggu," tambahnya

sumber : Reuters