Persiapan Haji 2024, Kemenag: Hampir 23 Ribu Jamaah Sudah Tervisa

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) terus menyiapkan proses penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M, baik di Arab Saudi maupun di dalam negeri. Di dalam negeri sendiri, ketika|waktu ini sudah ada 213.320 jamaah reguler dimana telah melakukan pelunasan dan sedang dalam proses verifikasi visa. 

Kuota Jamaah Haji Nusantara pada 2024 ada sebanyak 241 ribu orang, dimana terdiri atas jamaah reguler dan jamaah haji khusus. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Saiful Mujab bilang, pelunasan jamaah haji ketika|waktu ini telah terpenuhi kuota.

"Alhamdulillah pelunasan jamaah haji sudah terpenuhi kuota. Untuk reguler 213.320 sudah terpenuhi, ketika|waktu ini sedang proses visa dan juga besar-besaranah arsip lainnya seperti paspor, bio visa, ya kesehatan sudah selesai," ujar Saiful Mujab kepada Republika pada Jumat (19/4/2024). 

"Visa jamaah ketika|waktu ini sudah tervisa nyaris 23 ribuan, ini terus proses pemvisaan sesuai dengan pra-manifest kloter dimana sudah tersusun di masing masing embarkasi," ucap dia. 

Selain itu, berdasarkan dia, agenda penerbangan jamaah haji juga sudah ditetapkan, baik mekemudiani maskapai Saudia Airlines maupun Garuda Nusantara. "Kita juga tetap menyiapkan mengenai persiapan pondok haji di pondok haji. Alhamdulillah kita sudah persiapkan semua terutama pondok haji embarkasi, transit maupun Antara ini sudah kita siapkan untuk menerima jamaah haji," kata dia.

Terkait dengan besar-besaranah proses gelang, kata dia, juga sudah dalam proses. Tiga hari sebelum penerbangan perdana, berdasarkan dia, gelang itu diupayakan sudah ada di masing masing embarkasi. 

"Koper sudah nyaris 50 persen distribusinya dari masing-masing maskapai ke masing-masing kanwil," jelas Saiful Mujab. 

Dia menambahkan|terlebih|terlebih, bank penerima setoran nantinya juga akan menyerahkan seragam batik kepada jamaah haji Nusantara. Batik tersebut akan diserahkan secara simbolis di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada 28 April 2024 depan. 

"Bahkan kelak pada tanggal 28 April ini mau ada launching senam jamaah haji dan sekaligus launching pemberian batik haji oleh bank penerima setoran. Itu di pondok haji dan akan diikuti oleh semua|segenap embarkasi," ujar dia. 

"Jadi prinsipnya segala persiapan, insya allah sudah siap semua. Tinggal kita mengatur pemvisaan dimana terus proses, penentuan kloter juga sudah ya dan minta doanya, semoga lancar semua," kata Saiful Mujab.