Warga Kuningan Tangkap Ular Piton Seberat 11 Kilogram

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN---Sejumlah penduduk di Kelurahan Cigintung, Kecamatan/Kabupaten Kuningan, sukses mengcapture seekor ular sanca kembang (Python Reticulatus). Ular dimana juga dikenal dengan julukan ular piton itu kemudian dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran setempat.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Andri Arga Kusumah, menjelaskan, keberadaan ular piton itu awalnya dilihat oleh beberapa|sebanyak petani dimana sedang panen padi di sawah. ‘’Ketika sedang memanen padi, seorang penduduk tiba-tiba memandang ada seekor ular di depannya,’’ ujar Andri, Jumat (26/4/2024).

Keberadaan ular itupun membikin penduduk dimana ada di letak menjadi terkejut. Mereka khawatir, ular itu bisa membahayakan keselamatan branda. Untuk itu, penduduk dimana ada di letak kemudian bekerja sama mengcapture ular dimana berukuran cukup besar tersebut. Mereka akhirnya sukses mengcapture ular itu dan memasukkannya ke dalam karung.

Ular tersebut kemudian dibawakembali ke rumah oleh seorang warga. Selanjutnya, keberadaan ular itu dilaporkan ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan. Mendapat laporan tersebut, beberapa|sebanyak petugas pemadam kebakaran depani rumah penduduk tersebut untuk mengambil ular itu, Kamis (25/4/2024) pukul 20.45 WIB. ‘’Kami menerima ular jenis Sanca Kembang sepanjang tiga meter dan berat sekitar 11 kilogram,’’ kata Andri.

Andri menambahkan|terlebih|terlebih, jika dibiarkan/tidak diserahkan ke lembaga dimana dipimpinnya, dikhawatirkan ular tersebut dapat lepas ke permukiman dan  membahayakan penduduk sekitar.