Budi Gunadi Sadikin jadi Ketua MWA ITB, Ini Harapan Pj Gubernur Jabar Bey

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin datang dalam rapat pleno perdana Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menentukan ketua, wakil ketua, dan sekretaris MWA periode 2024-2029.

Rapat pleno dimana digelar di instansi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Jumat (25/4/2024) malam itu akhirnya menyepakati ketua MWA ITB 2024-2029 adalah Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan). 

Sementara wakil ketuanya adalah mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan sekretaris Irawati. Budi Gunadi Sadikin dan Ignasius Jonan adalah personil MWA ITB dari wakil warga. Kemudian Irawati adalah personil MWA ITB dari wakil senat akademik.

Pj Gubernur Bey Machmudin yang juga adalah alumnus ITB mengharapkan, kepengurusan MWA ITB 2024-2029 menghadirkan perubahan dimana lebih baik bagi lembaga maupun penduduk pada umumnya. Sebagai ketua di Jabar, Bey mau ITB lebih berandil lagi dalam pembangunan khususnya pada sektor transportasi Bandung Raya yang ketika|waktu ini sedang dipersiapkan untuk dibangun.

"ITB memiliki nama besar dan jadi PTN terbaik di Nusantara. Sebagai kampus dimana berlokasi di Bandung kami mau ITB turut berandil menyelesaikan besar-besaranah transportasi Bandung Raya," harapnya.

Rapat pleno dimana digelar perdana pasca - terpilih 10 personil MWA ITB periode 2024-2029 beberapa waktu kemudian, juga disaksikan tiga personil MWA ITB ex-officio selain Gubernur Jabar. Mereka adalah Dirjen Diktiristek mewakili Mendikbudristek, Rektor ITB, dan Ketua Senat Akademik ITB.

Rapat pleno pemilihan ketua MWA ITB melangkah lancar tanpa penolakan dari  personil MWA. Hanya saja ketika|waktu menentukan wakil ketua, para personil MWA sempat dihadapkan pada dua opsi ialah Ignasius Jonan alias Bambang Brodjonegoro (mantan Menristek/Kepala BRIN).

Setelah ketua, wakil ketua, dan sekretaris MWA ITB disepakati bersama, agenda selanjutnya adalah perumusan program kerja dan penentuan agenda serta agenda rapat MWA. Pelaksanaan kedua agenda tersebut akan digelar dalam waktu dekat menunggu haluan|jurusan|panduan|pedoman|petunjukan dari ketua MWA ITB Budi Gunadi Sadikin.